Mia's Jewelry Blog
 
 
 
Jewelry Articles and News
 
  • Memulai Usaha Sendiri: Motivasi
  • Merawat Mutiara
  • Tips menentukan panjang kalung dan gelang
  • Intelectual Property
  • Tips Membuat Foto Cantik
  • More on News and Articles
  • Jewelry Basics
     
  • Beading Wire Vs. Wire
  • Membuat loop sederhana
  • Membentuk loop lilit
  • Membuka dan Menutup Jump Ring
  • Memasang Crimp Bead dengan flat nose plier
  • More on Jewelry Basic
  • Jewelry Tools
  • Aneka Tang
  • Jewelry Materials
  • Manik Buatan Tangan
  • Manik Kristal Gelas
  • Manik Mutiara
  • Manik Batu Semi Mulia
  • More on Jewelry Materials
  • Other Jewelry Techniques
  • Polymer Clay beads
  • Metal Smith - Wax Carving
  • Chain Mail
  • Glass Fusing Beads
  • Making Stronger Brooch
  • Books and Mag´s review
  • 1,000 Jewelry Inspiration
  • Buku: Easy Beading Vol.4
  • Membuat aksesoris dari manik-manik
  • Bead and Buttons Magazine
  • Crafting for Dollars
  • Get Started Beading
  • Beadstyle Magazine
  • Mia di Chic
  • Membuat Perhiasan Manik-manik
  • Free Jewelry Projects
     
  • Gantungan Handphone
  • Anting Panjang Manik Ceko dan Manik Swarovski
  • Kalung Ilusi Manik Mutiara dan Manik Swarovski
  • Gelang Elastik Manik India, manik Ceko dan manik Swarovski
  • Gelang Tali Katun Berbandul Banyak
  • Gallery and Shop
     
  • Shop

  • Gallery

     
  • Join Mailing List Manik2Cantik
    Subscribe to Manik2Cantik
    Powered by groups.yahoo.com
    Events and Classes
     
  • M2C Bead Sunday
  • Ultah Manik2Cantik I
  • Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern M2c
  • Festival Cisadane 2007
  • Laporan Workshop Intern Manik2Cantik
  • Workshop Intern Bulan Juli
  • Manik2Cantik websites
     
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Manik2Cantik Groups on Facebook
  • Manik2Cantik Page on Facebook
  • M2C Events Blog, by Eno
  • Manik-manik Cantik on Multiply, by Imelda
  • Member of:


    Mybeadpoint
    Credits

  • Free Blogger Templates

  • BLOGGER

  • Subscribe to this blog
  • Directory of Crafts Blogs

  • blog search directory

  • Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory

  • Subscribe with Bloglines

  • Memulai Usaha Sendiri: Motivasi
    Saturday, July 15, 2006
    Sebelum anda mulai memikirkan usaha apa yang dapat anda kerjakan, alangkah baiknya bila anda meluangkan waktu sejenak atau 2 jenak untuk merenungkan tentang diri anda dan kemampuan anda. Beberapa pertanyaan dibawah ini mungkin dapat menjadi awal dari pemikiran anda yang dapat memantapkan langkah anda untuk memulai usaha sendiri.

    1. Mengapa anda ingin memulai usaha sendiri.
    Alasan anda untuk memulai usaha sendiri bisa amat personal, namun bisa juga sama dengan orang lain. Yang paling penting, jujurlah untuk menjawab pertanyaan ini.
    2. Apa yang anda ingin capai dengan memulai usaha sendiri.
    Tingkat pencapaian kesuksesan yang anda inginkan juga bisa sangat personal. Namun tidak masalah, karena pertimbangan ini memang hanya untuk anda pribadi. Dengan mengetahuin tujuan, anda dapat memperkirakan langkah apa yang anda perlu lakukan untuk mencapai tujuan itu.

    Setelah anda menjawab 2 pertanyaan itu, mulailah dengan mengenali potensi anda termasuk juga didalamnya kelemahan anda.

    Bila alasan anda memulai usaha sendiri adalah karena anda merasa kesulitan menemukan pekerjaan yang anda senangi dan memenuhi segala harapan anda, saran saya adalah, jangan memulai usaha sendiri. Pikirkan kembali ide anda hingga anda mendapatkan alasan dan tujuan yang jelas dengan ide usaha anda.

    Memulai usaha sendiri bukan berarti menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri anda sendiri. Memulai usaha sendiri berarti anda rela tidak mendapatkan penghasilan rutin bulanan, (terutama bagi yang sekarang ini masih berstatus pegawai), rela tidak mendapatkan keuntungan lain dari kantor sebagaimana yang sekarang anda dapatkan, anda rela kehilang jam kerja 9 - 5, segala birokrasi, sosialisasi dengan rekan-rekan seprofesi dan lain-lain. Dan yang lebih utama lagi, anda rela menyisihkan tabungan anda untuk anda investasikan di bisnis yang baru anda bangun atau sebaliknya, mengambil pinjaman dan berhutang kepada instansi berwenang.

    Memulai usaha sendiri lebih daripada sekedar pekerjaan atau bekerja kepada diri anda sendiri. Usaha sendiri membutuhkan bukan hanya tenaga ekstra, tetapi yang utama adalah komitmen. Komitmen anda kepada usaha anda, komitmen anda kepada pelanggan anda, dan komitmen anda kepada pegawai anda (bila ada). Namun tentu segala pengorbanan dan kerelaan itu juga ada imbalannya, antara lain:
    · Anda bebas merealisaskin ide anda, hal yg mungkin selama ini dibatasi oleh atasan anda
    · Anda menjadi boss bagi anda sendiri, bahkan bisa juga menjadi orang yang mempekerjakan orang lain
    · Anda bebas mengatur waktu kerja anda sendiri
    · Anda bisa menentukan gaji anda sendiri
    · Bagi ibu yang memilih bekerja dari rumah, anda bisa tetap berdekatan dengan anak anda, namun juga tetap berpenghasilan.
    · dll

    Satu hal lagi yang harus anda ingat, dengan memulai usaha sendiri, anda mungkin tidak perlu melapor kepada atasan anda, tetapi anda tetap harus melapor dan mempertanggung jawabkan hasil pekerjaan anda kepada klien anda atau kepada pelanggan anda. Sekaligus anda harus memperhitungkan pertanggungjawaban finansial anda, bila anda mengambil pinjaman dari bank ataupun urusan lainnya dengan pihak perpajakan.

    Kemarin ini saya berdiskusi dengan teman saya yang baru beberapa bulan membuka toko bahan makanan Asia (maaf, contohnya bukan di Indonesia). Teman ini juga, ibu 2 anak. Alasan dia membuka usaha toko bahan makanan ini karena suaminya baru pulih dari penyakit kanker, sempat divonis usianya hanya beberapa bulan lagi, namun sampai hari ini sudah 5 tahun sejak vonis pertamanya. Ibu ini nekat ambil pinjaman dari Bank, karena dia ingin punya penghasilan tanpa harus keluar jauh dari rumah, dan juga sekaligus memberikan kegiatan bagi suaminya yang baru sakit ini.

    Dia sempat cerita ke saya, bahwa sebelumnya pekerjaannya termasuk enak, namun dia nekat berhenti dan memulai usaha sendiri, karena dia optimis bahwa dia bisa. Dia bilang, „Saya gak pernah pikir bahwa sebanyak ini pekerjaannya. Cape badan dan cape mental. Tapi sekarang saya tidak bisa berhenti, karena saya sudah terikat dengan pinjaman ke bank. Saya harus jalanin ini, saya harus tanggung jawab.“

    Dan memang, saya sempat seharian, nongkrong di tokonya, pas hari Senin, pada saat toko baru buka lagi setelah week end, dan betapa sedihnya saya melihat sayuran yang sudah layu dan tidak lagi bisa dijual. Dan juga saya sempat nongkrong di tokonya pas hari rabu, ketika tokonya dipenuhi pelanggan yang mencari sayuran segar. Dan saya lihat bahwa dia kewalahan mengurus tokonya. Mulai dari urusan pesanan ke supplier, mengatur sayuran, mensortir bahan makanan yang sudah harus dibuang karena kadaluarsa, dan yang utama melayani pelanggannya. Saya pikir, kunci utamanya adalah dia harus cari bala bantuan, tetapi menarik bala bantuan untuk usaha anda juga berarti meningkatnya overhead cost.

    Namun, itulah, usaha sendiri. Banyak orang yang saya tanyai pengalamannya selama ber’usaha sendiri’ menyatakan, „jangan berharap untung di tahun pertama usaha anda buka. Bila anda bisa balik modal pada akhir tahun tersebut, itu sudah cukup baik.“
    Mungkin bila digali lagi lebih dalam, jika anda berfikir dengan berusaha sendiri, anda bisa memiliki pohon uang yang langsung besar, rasanya mustahil, semua membutuhkan usaha dan juga waktu.

    Yap.that’s my 2 cents for the day. Mudah-mudahan tidak menyurutkan niat anda untuk memulai usaha sendiri. Karena bagaimanapun, being able to make our decision it’s worth to fight. Don’t give up, just prepare yourself.
    posted by Mia @ 5:44 PM  
    15 Comments:
    • At 5:14 AM, Anonymous Anonymous said…

      Dear Mbak Mia,

      Terima kasih atas tulisan Mbak Mia. Ini sangat membantu saya untuk memikirkan lebih matang lagi rencana saya untuk membuka usaha. tanggal 1 April 2007 ini saya akan membuka toko Aksesoris disamping saya juga tetap bekerja. Saya membayar saudara yang sudah lama tidak bekerja untuk menjaga toko saat saya bekerja. Saya optimis ini akan berjalan dengan baik. Dan saya senang bisa memberikan pekerjaan kepada orang yang membutuhkan.

      Sekali lagi terima kasih.

      Danti - Bali
      (sweetydanti@yahoo.com)

       
    • At 4:56 PM, Anonymous Anonymous said…

      hi mia...i dari malaysia..sungguh teruja bila terserempak dengan blog anda...especially about jewellery..its really make me feel i can do it..im also a mother of two...working from selling handmade jewellery..but not really establish yet..try to cope up....but your blog give me inspirations...

       
    • At 2:14 PM, Blogger Unknown said…

      mbak mia, saya baru aja beli buku mbak mia yang judulnya "Membuat Aksesoris untuk Remaja". dari dulu saya memang tertarik untuk bisnis aksesoris handmade seperti ini, cuma karena dulu terbatasnya informasi seperti buku2 panduan dan pengetahuan saya tentang manik2 kurang...jadinya ngga dilanjutin. saya mau nanya dong, dimana ya saya bisa dapet peralatan dan manik2 seperti yang ada di buku2 mbak itu d jakarta??

      atas pemberitahuannya terima kasih ya mbak,,,mudah2an saya juga bisa menjalankan bisnis ini seperti mba nantinya...


      wenny indriyarti putri

       
    • At 4:06 AM, Anonymous Anonymous said…

      mbak mia, saya reporter dari tabloid info kecantikan. mbak, saya tertarik dengan bisnis handmade yang mbak terjuni sekarang. bisa minta waktunya untuk wawancara mbak??
      btw, sekalian itung2 promosi gratis mbak. saya tunggu kabar baiknya secepatnya. thx restu
      (restu_mahardani@yahoo.com)

       
    • At 1:34 PM, Blogger Mike said…

      halo mbak mia=)
      gn q mo curhat gt soal manik2 yg menyiksaq u/btanggung jawab gt..T_T,mohon bantuan'y yach...
      q mulai tertarik sekitar 2years ago..mmm well akhir'y coba2 gt ngrintis usaha ini.Biasa pd awal sangat antusias bgt bakal sukses gt..tp buka usaha kan g bmodal gt ja,ya selain blajar management keuangan'y..tp bener kata tunangan saya bikin usaha sendiri tu yg susah bukan buka'y tapi gmn"mempertahankan"usaha qt gt..
      n...sekarang q putusasa gt...
      mohon bantuan'y mbak mia yg baik ini...sharingin k'qt gmn2 bs te2p maju...
      thx b4 & g'lck...salut buat 2anak'y...hehehe

       
    • At 9:35 PM, Anonymous Anonymous said…

      Hallo Mbak Mia,

      Saya sudah lama tertarik dgn beads n jewelry. Saya juga dah punya 2 buku yg dibikin mbak Mia. Niat begitu besar tuk mencoba tapi karena kesibukan n juga takut gagal jadinya gak dicoba2 juga sampai sekarang.
      Dan sekarang jauh dari negeri sendiri dan tinggal di negeri orang dan jadi ibu rumah tangga sejati jadi kepikiran tuk mulai aja kegiatan ini.
      Yg aku bingung dimana toko yg menjual peralatan manik beads n segala perlengkapannya yg komplit kayak di Indonesia itu lho ada Pasar Asemka n lain2. Aku tinggal di Belanda n aku liat kalo di toko kerajinan tuh terbatas barangnya. Apakah mbak Mia beli di Jerman or beli di Indonesia via pos or anyhing else gitu? Mohon sarannya ya mbak. Thanks. Wiwin.

       
    • At 9:07 AM, Anonymous Anonymous said…

      hi mba mia! mohon bantuannya, kira2 dimana tempat penjual peralatan & bahan yg diperlukan u/ mbuat jewelry. untuk jewelry yg berbahan dasar batu/kristal, terutama kristal swarowsky..apa hrs import dari luar, batuan lokal yg pantas digunakan u/ jewelry jenis apa ya mba? maap niy bnyk nanya ^^, sy sdg mncoba menyelami kembali hobby saya yg smpt "hilang" krn ksibukan di kntor. Setidaknya dgn mbuat jewelry bisa mbuat saya kmbali mnmukan dunia saya & bisa dijadikan sumber penghasilan jg. thnks a lot mba mia, suskes selalu! 'n selalu ditunggu sharing & karya2 terbarunya. Julia

       
    • At 6:45 AM, Blogger Welcome 2 my Blog... said…

      saya sangat tertarik dengan saran dan pendapat mbak tersebut. tapi saya punya masalah sedikit mbak bisa bantu ngga`...
      begini, saya punya usaha produksi aneka accecories (gelang, kalung, bros, anting, dll) tapi sampai sekarang masih belum bisa begitu luas pemasarannya. tolong ya mbak, say tahu mbak pasti bisa menolong saya atau mbak punya seseorang yang bisa menampung barang-barang saya.
      Contack Kami : 083857376792, 031-60209109
      terimakasih banyak sebelumnya

       
    • At 1:46 PM, Blogger Luftia Nur Syarifah said…

      Assalamualaikum^^

      blog bu mia memberi banyak inspirasi dan pencerahan buat saya.
      Saya mahasiswi semester5 di salah satu perguruan tinggi negeri di Jogja,
      dan mulai tertarik dengan manik2 sejak setahun yg lalu,
      nah, untuk itu saya sangat ingin memiliki usaha dengan manik2 ini,
      Tapi, jujur, saya masih merasa takut memulainya, karena saya merasa belum memiliki cukup modal, dan untuk memiliki cukup modal, saya masih harus meminta kepada orangtua,
      lalu sebaiknya bagaimana saya memulai usaha saya ini?
      Lalu, supplier manik2 yang ada di Jogja ada dimana ya?
      (luftianursyarifah@gmail.com)


      Terimakasih sebelumnya^^
      Wassalamualaikum

       
    • At 10:04 AM, Blogger nana naila said…

      Hallo mba,salam kenal.saya seorang karyawati swasta,saya ingin menghasilkan penghasilan tambahan,melihat blog mba ini saya sangat tertarik,dan sangat ingin mempelajari teknik pembuatan kalung dan gelang2 tersebut.mohon info contacnya y mba,biar saya bisa menghubungi.makasih

       
    • At 12:46 PM, Anonymous Ultra said…

      saya sangt tertrik dgn tips2 yg telah mbak mia berikan..sya terinspirsi dgn bsnis yg sdg mbk mia jalani..oleh krna itu, dptkah mbk mia membntu sya untuk memula hal ini, sperti sya memesan kpd mbk mia manik2. krna bsa dbilng dsni sngat sush untuk mendptknya.

       
    • At 5:08 AM, Anonymous Anonymous said…

      hallo mbak mia...
      saya sama dengan teman2 yg lain jd py inspirasi utk belajar membuat aksesoris dr manik2 stlh membeli buku mbak mia...saya msh terkendala utk membeli bahan2nya spt rantai dll sesuai dgn proyek yg ada dibuku...btw terima kasih krn tulisan mbak mia membuat byk org menjadi terinspirasi utk mengembangkan potensinya msg2

       
    • At 2:34 PM, Anonymous Anonymous said…

      Wah, saya senang dg blog anda ^_^ jadi dapat menambah semangat saya.. Kebetulan juga saya baru saja memulai usaha accesoris kecil-kecilan.. Jadi, saya yg produksi sendiri (gelang) dari bahan manik-manik.. Dan Puji Tuhan, modal saya balik dan bahkan tambah ada saja yg suka dg gelang yg saya bikin, sampai-sampai ada yg menawari dijual dibutiknya.. Saya ,masih ingin lagi mengeksplorasi kreatifitas saya.. Saya sendiri masih bekerja di salah satu surf shop di daerah Kuta.. Dan lumayan sih, kreatifitas saya jadi uang jajan tambahan ^_^ mungkin next saya ingin membuat yg lain seperti kalung, cincin, atau anting.. Minta sarannya yah.. Thank you, Lady

       
    • At 10:50 AM, Blogger felix said…

      Selamat siang.. Saya menjual 1 set perhiasan mutiara air tawar (cincin, kalung, dan anting) dengan harga yang sangat murah. Frame dari perhiasan menggunakan stainless steel berkualitas tinggi sehingga tidak akan berkarat atau hitam. Mutiara nya tidak ditempel dengan lem, melainkan dibor sehingga akan kuat dan tidak akan lepas. Pengerjaan sangat rapi dan tidak asal-asalan. Pantulan sinar bila terkena cahaya sangat bagus. Harga 1 set hanya Rp 33.000 dengan minimal order 100 set. Sangat cocok untuk dijadikan bisnis sampingan dan sangat menguntungkan.

      Selain itu saya juga menjual butiran mutiara air tawar seharga Rp 4.000/gram. (1 butir mutiara air tawar beratnya sekitar 0.6gr)

      Untuk informasi lebih lanjut atau ingin melihat foto nya, silahkan hubungi saya di felixaldo@yahoo.com.. Saya akan senang melayani anda. Terima kasih.

       
    • At 6:32 PM, Anonymous Anonymous said…

      Dear Mba Mia..
      Saya tertarik sekali dengan tulisan Mba Mia ini sekaligus membuat Saya termotivasi.
      Dari zamannya Saya kuliah dulu Saya ingin sekali punya usaha sendiri, karena Saya tidak suka dan tidak mau terikat oleh suatu perusahaan pastinya mempunyai banyak aturan..Setelah lulus kuliah sebelum dapat job Saya suka membuat kue,jajan pasar utk dijual dikantin kantor adik Saya, atau menerima job untuk katering kantor adik Saya. Sampai kemudian Saya dan kakak Saya sepakat untuk buka toko baju,menerima membuat sulaman,sulam benang,sulam pita dan masang payet (belajarnya otodidak). Tapi Saya bosan karena pekerjaan ini mengerjakannya didalam rumah terus. Saya berhenti dan bekerja diperusahaan farmasi sekali,padahal pada saat Saya berhenti itu ada orderan banyak sekali, tapi Saya tetap tidak mau meneruskannya lagi.
      Sekarang setelah 3tahun bekerja disebuah perusahaan Saya merasa tertekan jg oleh aturan2 perusahaan walaupun gaji dan bonusnya lumayan tapi Saya tidak merasa nyaman untuk usaha sendiri (saya tertarik untuk bisnis aksesoris ini)walaupun banyak yang tidak setuju dg keputusan Saya yg katanya kurang menjanjikan dari segi penghasilan..
      hehe..panjang banget ya ceritanya..

      Mba Mia Saya ingin masukan dunk dari Mba Mia untuk Saya lebih bersemangat untuk usaha sendiri..

      Semoga Mba Mia tambah sukses ya..

      Trims
      Sekarang Saya ingin memulai u

       
    Post a Comment
    << Home
     
     
     
     
     
     
     
     
    About Mia Gofar

    I am a mother of 3 handsome boys, enjoys beads and beaded jewellery and starting producing them since 6 years ago. More about me>.
    About This Blog
    This blog is dedicated to my fellow Indonesian who loves beads and beaded jewelry and other beaded accessories. I hope it helps to open up ourselves to the bead worlds and to give us a higher appreciation to our handcrafted works.
    Terms on Using This Blog
    Aturan Penggunaan Weblog Manik Cantik
    Links
  • Make it, Love it, Wear it, by Mia
  • Mia's Personal pages
  • Visit My Online Store
  • Manik Cantik Bookstore
  • Recommended books
    Message Box
    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x
    Previous Posts