Ide cara Promosi |
Friday, October 06, 2006 |
Kemarin ini saya jalan-jalan di down town kota saya Ingolstadt, dan tertarik dengan salah satu promosi porselen bermerk nan mahal yang lagi di pajang di salah satu toko peralatan rumah tangga yang normalnya saya gak berani masuk, saking keliatannya mahal-mahal sekali.
Tapi kali ini saya beraniin masuk, selain karena memang mendapat pesan sponsor dari seorang teman yang pesan untuk di liatin dan tanyain tapi karena memang saya tertarik dengan promosinya. Judulnya begini:(setelah di translasikan)
Minggu Penukaran Kami akan membayarkan 2euro dari setiap peralatan makan anda dari merk apa saja dan dalam kondisi bagaimanapun bila anda membeli peralatan makan ber merk "xxxx".
Hmmmm...sound interesting khan...:-) Terbayang langsung peralatan makan yang saya beli murah meriah di IKEA akan berganti menjadi si merk terkenal ini...wow...!!! Tambah semangat hati, cuma terpikir juga, bahwa merk "xxxx" ini rasanya sangat mahal, at least diluar anggaran dana untuk peralatan makan saya. Tapi, akhirnya saya nekad, masuk juga ke toko mahal ini, iseng2 aja, pengin tau...
So, memang benar, kita bisa bawa peralatan makan kita, dan mereka akan membayar 2 euro untuk setiap butir peralatan makan kita bila kita membeli peralatan makan merk tersebut. Hanya saja penukaran berlaku 1 butir dengan 1 butir, tapi terserah, piring di tukar dengan gelas, atau piring dengan piring tidak masalah.
Hitung-hitung, ini menguntungkan kalau peralatan makan yang misalnya saya beli 1 butir harga 1 euro, mereka akan bayar 2 euro. Dan ini menggiurkan...siapa sich yg gak tertarik dapat untung.
Tapi setelah di hitung-hitung lagi, bagi saya sebagai pembeli, ini promosi menggiurkan, tapi tidak terlalu menguntungkan. Model tukar ini sama saja dengan mengurangkan harga barang dengan angka tetap. Dalam contoh ini, 2 euro. Ini worth it bila harga barang memang masih berkisar 2-3 kali harga pengurangannya, misalnya, harga asli barang 6 euro (=3x harga pengurangan), mendapat pengurangan 2 euro = 30%, bagi pembeli menguntungkah. tetapi bila harga barang jauh diatas itu, lebih baik menunggu barang tersebut diskon 30% daripada memanfaatkan minggu tukar ini.:-(
Tetapi, ini ide menarik bagi penjual. Ide bahwa penjual akan menghargai barang lama mereka dengan angka tertentu, mengundang calon pembeli untuk datang dan melihat. Dalam hal ini, target market anda sedikit meluas, orang akan tertarik untuk mencari info lebih lanjut. Sekalipun si calon pembeli ini pada akhirnya menutuskan untuk tidak memanfaatkan promosi ini, tetap worth of mouth akan berkembang cepat. Minimal 1 dari 10 orang yang datang bertanya akan kembali dengan barang lamanya. Bayangkan bila 100 orang bertanya, minimal 10 orang yang semula bukan target market anda, akan menjadi pembeli anda. Menarik bukan?
Masih lebih menguntungkan anda sebagai penjual daripada anda memberikan diskon 20%, karena dengan prosentase, semakin tinggi harga barang, semain besar diskon anda berikan kepada pembeli. Dengan model tukar ini, anda mendapat nilai pengurangan fix berapapun harga barang anda..
Mau coba praktek-in? :-) |
posted by Mia @ 9:46 AM |
|
|