|
Online Shop |
Sunday, August 06, 2006 |
Pada masa sekarang ini, dunia internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Mulai dari mencari definisi kata hingga mencari teman hidup:-). Segala hal bisa dilakukan lewat internet. Termasuk diantaranya berdagang lewat internet, yang dalam istilah kerennya dikenal dengan "e-commerce" atau "electronic commerce".
Apa sich sebenarnya "e-commerce"? Electronic commerce adalah segala transaksi bisnis dengan menggunakan data-data elektronik (EDI= Electronic Data Interchange), e-mail, bulletin boards, fax dan transfer dana elektronik. Hal ini bisa ditemukan pada internet shopping, online stock dan bond transaction, jual beli software, graphics dll.
Konsep dasar e-commerce ini adalah memanfaatkan segala fasilitas internet untuk menjalankan usaha anda dengan lebih baik dan lebih cepat. Sebagaimana pada toko swalayan, anda menciptakan 'toko swalayan' di dunia internet dan memberikan hak kepada calon pelanggan anda untuk sekedar jalan-jalan melihat produk anda ataupun ingin bertransaksi.
Tetapi seberapa sukses sebuah online shop bisa melakukan transaksi tetap merupakan suatu pertanyaan. Banyak orang yang baru membuka online shopnya berfikir, once they go online, they will see the result on sales. Tetapi sebenarnya hal ini amat sangat jarang terjadi. 6 bulan online shop saya berjalan, 20 member pada online shop saya, dengan 3 pelanggan berbelanja online. Selebihnya, beberapa orang yang memang kenal saya secara pribadi dan bukan pada virtual world, memilih untuk berbelanja pertelpon berdasarkan produk yang ada di web.
Apa yang salah? kurang promosi, bisa jadi salah satu sebabnya. Seorang pedagang mengeluh belum mendapatkan pelanggan sama sekali pada online shopnya setelah 6 bulan bejalan, dan setelah saya perhatikan, dia sama sekali tidak melakukan usaha offline memperkenalkan online shopnya. Tidak ada alamat shopnya di kartu nama, tidak ada pengumuman tentang pembukaan shopnya dan hal-hal lain yang diperlukan untuk mempromosikan tokonya. Sekalipun toko anda online, usaha offline tetap anda perlukan untuk berpromosi.
Namun seandainya segala usaha promosi online dan offline sudah dijalankan, namun masih tetap belum mendapatkan hasil optimal sebagaimana anda harapkan, jangan kecil hati, ada beberapa hal yang mungkin dapat menjadi bahan pemikiran anda, sebelum menganggap bahwa online shop is a "bad idea". 1. Mental pengunjung online shop anda. Banyak orang tidak yakin untuk berbelanja online karena mereka tidak bisa menyentuh barang yang mereka akan beli. Beberapa solusi yang saya lihat dilakukan oleh beberapa online shop besar di Amerika dan Jerman adalah: mengirimkan sample bahan, biasanya untuk toko furniture atau toko baju, dan solusi lain adalah jaminan "refund" . Pembeli dapat mengembalikan barang yang telah dibeli. Tetapi anda harus berhati-hati dengan sistem ini, jangan sampai merugikan anda dengan usaha anda. 2. Kepercayaan terhadap toko anda. Point utama sebagai pemilik online shop adalah "membangun kepercayaan pelanggan". Salah satu caranya adalah: alamat dan kontak address yang jelas. Hal lain, usahakan jawab setiap email yang masuk menanyakan produk anda, sekalipun hanya suatu pertanyaan sederhana yang telah ada jawabannya pada aturan toko anda. 3. Penampilan dan kemudahan pada toko anda Tampilan menarik mengajak pengunjung untuk berlama-lama pada toko anda sehingga kemungkinan pengunjung berbelanja lebih besar. Kemudahan pada sistem belanja anda juga menentukan. calon pembeli yang pusing dengan sistem pada online shop anda bisa jadi berubah fikiran setelah diputer2 pada online shop anda dan gagal bertransaksi. 4. Pelayanan dan aturan main pada toko anda Buat sistem pelayanan dan aturan main yang tidak merugikan calon pelanggan anda.
Hal lain yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan online shop anda, secara online antara lain: 1. Daftar search engine. 2. Promosi pada milist, web dll 3. Pasang banner pada website dengan target market sama. 4. Program affiliasi dengan ´website lain yang memiliki target market sama. 5. Dan masih banyak lagi cara untuk mempromosikan web anda...
MG:-) |
posted by Mia @ 10:38 AM |
|
|
|